Dapur Si Nenek Adalah Situs kuliner dengan berbagai macam Resep masakan Khas indonesia. membedah bumbu-bumbu dan Rempah-rempah masakan baik masakan tradisional dan modern. Temukan segala Resep masakan dan Minuman Terlezat anda !

Cara Membuat Bakso Yang Kenyal Enak dan Lezat

DAPUR SI NENEK Berbicara tentang Bakso memang identik dengan Cara Membuat Bakso Yang Kenyal Enak dan Lezat. karena bakso memang bisa dibilang makanan yang banyak di sukai oleh kalangan umum di indonesia, dan berbagai jenjang usia. selain rasanya yang khas bakso ternyata juga memberikan kenikmatan tersendiri bagi pecintanya yakni kesegaran saat menyantap pentol dan kuahnya.
 Image result for cara membuat bakso kenyal dan keras
Masakan berbahan dasar daging ini banyak diminati karena selain harganya yang terjangkau juga karena mudahnya cara membuatnya. bahkan bisa dibilang anak kecilpun bisa membuat bakso. namun catatan pentingnya adalah semua bisa buat bakso namun belum tetu bisa membuat bakso dengan cita rasa yang lezat dan gurih. nah untuk itu kali ini kita akan membahas cara membuat bakso yang enak dan lezat serta gurih. bagaimana caranya ? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini : 

Bahan membuat Pentol bakso

Silahkan anda Siapkan bahan-bahan sebagai berikut :
1. 1/2 kg daging sapi yang sudah di giling lembut
2. 100 grm tepung kanji atau bisa menggunakan tepung tapioka
3. 50 gram es batu
4. 1/4 kg bawang putih yang sudah di blender halus
5. 1 butir telur ayam. usahakan ayam kampung
6. 1 sendok teh lada Putih

Bahan Kuah Bakso

Silahkan anda siapkan kuah bakso. berikut bahannya :
1. 3 liter air ( untuk bahan dasar kuah bakso)
2. 1/4 bawang putih yang sudah di haluskan ( bedakan bawang putih ini dengan bahan dasar pentol bakso)
3. 1-2 potong tulang iga sapi sebagai bahan tambahan penyedap kuah bakso
4. 2 sendok - 3 sendok makan garam
5. 1 sendok teh pala yang sudah di haluskan atau anda bisa menggunakan pala bubuk
6. 1 sendok makan gula pasir
7. 1 sendok teh lada putih bubuk.

Bahan Pelengkap
1. Bihun yang sudah direbus setengah matang
2. Saus dan Kecap
3. Bawang goreng
4. Daun selendri

Image result for cara membuat bakso kenyal dan keras


Cara Membuatnya : 

1. Pertama-tama silahkan anda campurkan es batu, daging sapi serta bumbu-bumbu pentol , telur di campur jadi satu dan silahkan di blender
2. Sambil menghaluskan atau memblender bahan-bahan tadi, silahkan anda tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit dan aduk rata dengan diiringi sedikit air agar tidak keras. nah setelah adonan tercampur rata silahkan anda letakkan adonan kedalam baskom atau tempat adonan.
3. Lanjutkan dengan memanaskan air hingga mendidih, kemudian diiringi dengan langkah membuat adonan tadi menjadi bentuk bulatan pentol dengan cara digenggam kemudian keluarkan lewat sela-sela ibu jari dan telunjuk yang sudah berbentuk bulat kemudian keluarkan langsung kedalan air yang sudah mendidih. (jika ada pentol yang sudah terapung berarti menandakan pentol sudah masakdan silahkan segera angkat kemudian tiriskan)
4. Cara membuat kuahnya silahkan rebus air kemudian masukan bahan kuah baso tadi kedalam air dan rebuslah hingga mendidih.
5. Setelah di rasa cukup mendidih, lankutkan dengan tahap penyajian yakni dengan cara masukan bahan pelengkap dan pentol kedalam mangkung tata berurutan yang rapi, kemudian siramlah dengan kuah bakso tadi. kemudian taburi dengan bawang goreng
6. Selamat Bakso anda Siap di nikmati 

Image result for cara membuat bakso kenyal dan keras
 
Nah untuk memaksimalkan Rasa dan Tekstur bakso kami juga telah menghimpun beberapa Tips yakni sebagai berikut :

1. Untuk Giling/cincang daging, silahkan giling daging dengan sehalus mungkin sampai menyerupai pasta (paste)

2. Untuk mendapatkan gilingan yg halus, tambahkan 1 sdm minyak masak (cooking oil) pada setiap batch (kalau food processornya kecil, mungkin kita harus menggiling daging beberapa batches)
sebagai pengganti daging sapi (kalau yang takut mad cow, dsb) dapat menggunakan daging ayam bagian paha atas. Paha atas pada ayam dapat digolongkan sebagai red meat yang dapat digunakan sebagai substitusi daging sapi.

3. Untuk yang senang bakso urat, pada pembuatan bakso sapi dapat dicampur ground beef dengan ground chuck. Untuk pembuatan bakso ayam, campur paha atas (tigh) dengan drum stick .

4. Untuk mendapatkan bakso yang kenyal, dapat digunakan baking soda. Gunakan baking soda secukupnya (kira-2 1/4 sdt untuk 21/2 cup daging giling halus). Penggunaan baking soda yg terlalu banyak akan membuat rasa bakso getir (agak pahit). Yield untuk 21/2 cup daging giling halus adalah kira-2 30 butir bakso ukuran sedang.

5. Untuk mendapatkan bakso yg keras, gunakan tepung tapioka (tapioca starch). Bisa digunakan trial and right (bukan error) dengan cara merebus sedikit adonan di air mendidih untuk mengetahui apakah adonan sudah mencapai tingkat kekerasan yg diinginkan. Kalau masih keempukan, tambahkan tepung sedikit demi sedikit sampai tingkat kekerasan yg diinginkan. Lebih baik menambah tepung dari pada terlalu banyak .

6. Untuk mendapatkan ukuran bakso yang kira-2 sama besar, dapat digunakan baking dish. Tempatkan adonan ke dalam baking dish, bagi rata sesuai keinginan (dipetak-petak di baking dish) baru kemudian dibuat bulatan-2 seperti bola. Buat bakso sekaligus dalam jumlah yang banyak dan simpan di lemari es.

Demikian DAPUR SI NENEK Cara Membuat Bakso Yang Kenyal Enak dan Lezat jika ada pertanyaan seputar cara membuat bakso silahkan anda berkomentar !

G+

1 Komentar untuk "Cara Membuat Bakso Yang Kenyal Enak dan Lezat"

Back To Top